KOMPARASI PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN SEBELUM DAN SETELAH AKREDITASI DI RUMAH SAKIT “ X “ KABUPATEN LAHAT

ANGRIANI, OKFI and Budi, Iwan Stia (2021) KOMPARASI PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN SEBELUM DAN SETELAH AKREDITASI DI RUMAH SAKIT “ X “ KABUPATEN LAHAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020_0006127701_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020_0006127701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (773kB)
[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020_0006127701_02.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020_0006127701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020_0006127701_03.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020_0006127701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020_0006127701_04.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020_0006127701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020_0006127701_05.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020_0006127701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020_0006127701_06_ref.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020_0006127701_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011381821020_0006127701_07_lamp.pdf] Text
RAMA_13201_10011381821020_0006127701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan rumah sakit merupakan salah satu indikator kepuasan pasien. Kurangnya tingkat kepuasan dapat menghilangkan kepercayaan pelanggan terhadap Rumah Sakit. Di beberapa daerah di Indonesia masih menunjukkan tingkat kepuasan pasien yang rendah.Sejalan dengan masalah tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit ‘X’ Kabupaten Lahat sebelum akreditasi dan setelah akreditasi. Desain penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini ialah pasien rawat inap Rumah Sakit ‘X’ Kabupaten Lahat yang mengikuti survey akreditasi 2018 dan 2019 sebanyak 300 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proposional Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan persepsi pasien setelah akreditasi dan sebelum akreditasi pada dimensi reliability (p-value = 0,010), dimensi assurance (p-value = 0,021), dimensi emphaty (p-value = 0,002), dimensi responsivenness (p-value = 0,008) dan terdapat perbedaan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan setelah akreditasi dan sebelum akreditasi (p-value = 0,005). Kesimpulan terdapat perbedaan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan di ruang rawat inap rumah sakit sebelum dan setelah akreditasi, yang mana sebelum akreditasi lebih baik. Diharapkan petugas di Rumah Sakit ‘X’ Kabupaten Lahat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sesuai standar akreditasi kepada konsumen untuk kualitas kepuasan pasien sehingga tidak terjadi penurunan status akreditasi. Kata Kunci : Persepsi Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Patient Perception, Quality of Health Service
Subjects: K Law > KB Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB3075-3096.5 Public health
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1)
Depositing User: Okfi Angriani
Date Deposited: 26 May 2023 02:38
Last Modified: 26 May 2023 02:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/99310

Actions (login required)

View Item View Item