PENGARUH STRATEGI FOXFIRE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PALEMBANG

KOMRA, DESTY ELISMETIKA and Suhendi, Didi and Ernalida, Ernalida (2018) PENGARUH STRATEGI FOXFIRE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_02. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_03. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_04. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_05. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021381419042_0001105703_0015026902_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi Foxfire terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eskperimen semu. Sampel penelitian yaitu kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa, diberi perlakuan menggunakan strategi Foxfire dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa, diberi perlakuan menggunakan strategi Discovery. Teknik pengumpulan data dengan tes yaitu menulis teks deskripsi. Teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Mean pada pretest kelas eksperimen 46,53 mengalami peningkatan sebesar 32,10 menjadi 78,63 pada post-test. Mean pada pretest kelas kontrol 39,78 mengalami peningkatan sebesar 16,78 menjadi 56,56 pada post-test. Dari hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung> ttabel(8,551 > 1,999) dengan taraf df=62 pada tingkat keberhasilan 95% (α=0,025). Karena thitunglebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya Ha, dapat disimpulkan bahwa strategi Foxfire berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, strategi foxfire, menulis teks deskripsi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:57
Last Modified: 24 Oct 2019 04:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item View Item