UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANYUASIN 1

MEIHAKI, RISKI and Meirizal Usra, Meirizal Usra (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANYUASIN 1. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017_0028056101_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017_0028056101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017_0028056101_02.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017_0028056101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017_0028056101_03.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017_0028056101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017_0028056101_04.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017_0028056101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017_0028056101_05.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017_0028056101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017_0028056101_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017_0028056101_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06061281924017_0028056101_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06061281924017_0028056101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek melaluipendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri I Banyuasin I. Metode yang digunakan dalampenelitian ini yaitu metode penelitian Tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan tes lari jarakpendek menggunakan blangko unjuk kerja siswa yang di dalamnya berisikan indicator-indikator unjukkerja siswa Ketika pembelajaran lari jarak pendek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIISMP Negeri I Banyuasin I yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan caraobservasi, lembar soal, dokumentasi, dan Teknik analisis data dilakukan bertujuan untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa analisis data dilakukan untuk data observasi maupun hasil tes siswa. Hasil penelitian ini diperoleh hasil tes lari jarak pendek melalui pendekatan bermain pada siswa kelasVII SMP Negeri I Banyuasin I di peroleh rata rata ketercapaian pada prasiklus pada aspek Kognitif sebesar 18,75%, Efektif sebesar 64,58%, Psikomotor 65,625%, sedangkan pada siklus I di peroleh rata-rata ketercapaian pada aspek kognitif sebesar 62,625%, dan Afektif sebesar 69,79%, Psikomotor 79,0625%. Dan pada siklus II di peroleh rata-rata ketercapaian pada aspek kognitif sebesar 71,87%, Aspek Afektif sebesar 76.73%, dan psikomotor sebesar 82,5%. Hasil tersebut dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar lari jarak pendek melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri I Banyuasin I. Prasiklus siswa yang tuntas sebanyak 4 orang atau di persentasekan sebesar 12,5%, dan Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 31 orang atau dipersentasekan sebesar 96,875%. Jadi hasil perbandingan Prasiklus sampai Siklus II yang tuntas sebanyak 27 siswa dipersentasekan sebesar84,3%. Kata kunci : hasil lari jarak pendek, pendekatan bermain, siswa kelas VII

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil lari jarak pendek, pendekatan bermain, siswa kelas VII
Subjects: L Education > L Education (General) > L101 Yearbooks
L Education > L Education (General) > L107 Congresses
L Education > L Education (General) > L111-791 Official documents, reports, etc.
L Education > L Education (General) > L7-97 Periodicals. Societies
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > L Education (General) > L797-898 Educational exhibitions and museums
L Education > L Education (General) > L899 School fairs
L Education > L Education (General) > L900-991 Directories of educational institutions
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Riski Meihaki
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:14
Last Modified: 29 Nov 2023 06:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/131467

Actions (login required)

View Item View Item