PENGARUH MODEL BRAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALEMBANG

KINASIH, SEKAR ARUM WIJI and Nurbaya, Nurbaya and Ansori, Ansori (2018) PENGARUH MODEL BRAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_ 88201_06021281419031_0015085406_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAMA_ 88201_06021281419031_0015085406_0019096607_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 88201_06021281419031_0015085406_0019096607_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 88201_06021281419031_0015085406_0019096607_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 88201_06021281419031_0015085406_0019096607_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 88201_06021281419031_0015085406_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_ 88201_06021281419031_0015085406_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Brain Writing terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPS 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Brain Writing dan kelas XI IPS 2 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 63,15 meningkat menjadi 85,48 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 22,33. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 59,33 meningkat menjadi 74,33 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 15,00. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung = 8, 306 > ttabel 1,998 dengan df64 pada tingkat signifikan 95% (α=0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Dengan demikian, Ha berbunyi “Ada perbedaan antara keterampilan siswa yang diajarkan dengan model Brain Writing dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi” diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model Brain Writing lebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Kata kunci: Pengaruh Model Brain Writing, Menulis Teks Eksplanasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Brain Writing, Menulis Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Users 2674 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:55
Last Modified: 06 Nov 2019 07:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/14872

Actions (login required)

View Item View Item