PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 22 INDRALAYA

ENDAH, ENDAH and Maharani, Siti Dewi and Anggraini, Betty (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 22 INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_86206_06121013044_0015126004_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAMA_86206_06121013044_0015126004_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013044_0015126004_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013044_0015126004_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013044_0015126004_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013044_0015126004_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013044_0015126004_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPS siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran “Think Talk Write”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 22 Indralaya yang berjumlah 19 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa 10 soal pilihan ganda dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa. Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I menunjukkan rata-rata siswa sebesar 69 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 68%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil belajar siswa 77 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 79%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil belajar siswa 82 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 95%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari hasil observasi pada siklus I pertemuan 1 persentase aktivitas siswa sebesar 55%, menjadi 69% pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 72%, pada siklus II pertemuan 2 menjadi 79%. Pada siklus III pertemuan 1 menjadi 84%, dan pada siklus III pertemuan 2 menjadi 89%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 22 Indralaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran,Think, Talk, Write, hasil belajar IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:12
Last Modified: 27 Nov 2019 06:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18824

Actions (login required)

View Item View Item