PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 21 PALEMBANG

HANDINI, GIAN and Anggraini, Betty and Maharani, Siti Dewi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 21 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (207kB) | Preview
[img] Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_86206_06121013009_015126004_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 21 Palembang dengan menerapkan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas V.B SD Negeri 21 Palembang, dengan jumlah 29 siswa, 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Scramble. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 21 siswa (72,41%), siklus II 23 siswa (79,31%), siklus III (96,55%). Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan 1 sebesar 65,08%, pertemuan 2 65,51%, siklus II pertemuan 1 66,38% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 70,69%, serta siklus III pertemuan 1 sebesar 77,59% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 84,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 21 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran Scramble, ilmu pengetahuan sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 06 Dec 2019 06:22
Last Modified: 06 Dec 2019 06:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/20300

Actions (login required)

View Item View Item