PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT KARTU KEYAKINAN PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14

Utari, Tri (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT KARTU KEYAKINAN PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of PM 2015 Tri Utari.pdf]
Preview
Text
PM 2015 Tri Utari.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model metode pembelajaran VCT kartu keyakinan pada mata pelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Palembang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 14 Palembang yang berjumlah 394 Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan meto quasi experiment design yang berbentuk non equivalent control group design dimana dua metode pembelajaran berbeda dilaksanakan dalam pembelajaran PKn. Sebelumnya sampel diambil secara purposive sampling kem kemudian ditetapkan 40 siswa kelas VIIS sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa kelas VII.7 7 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil observasi data penelitian diperoleh perbedaan rerata persentase keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran VCT kartu keyakinan sebesar 69.9% dengan kategori aktif, sedangkan rerata persentase keaktifan belajar siswa dengan metode konsiderasi hanya memperoleh hasil sebesar 53.9% dengan kategori cukup aktif. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisi uji-t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, diperoleh nilai sig t sebesar 0.000 yang bearti nilai sig t <a 0.05, maka Ho ditolak dan menerima Ha, dengan demikian adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran VCT kartu keyakinan pada mata pelajaran PKn terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Palembang.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:12
Last Modified: 18 Jan 2022 05:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60324

Actions (login required)

View Item View Item