PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG

Joko, Supriadi PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of pembimbing pak mulyadi _ bu umi (Joko Supriadi).pdf]
Preview
Text
pembimbing pak mulyadi _ bu umi (Joko Supriadi).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran dehat terhadap ikap demokratis dalam prvecs pembelajaran PPKn pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 43 Palembang. Jenis penclitian korelasi dcngan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 45 Palembang yang berjumlah 259 orang. Sedangkan sampel sebanyak 73 Siswa dari populasi sebanyak 259 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah yang telah ditentukan. Teknik penarikan dan pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi, observasi.dan angket. Statisuk yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian adalah Itatistik perametris melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi & » 0S. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig 2-sared sebesar .110. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima, dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh penerapan model pembelajaran debat terhadap sikap demokratis dalam proses pembelajaran PPKn pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 45 Palembang. Hali ini terbukti dari hasil ujit yaiw .110 Sa .05. Nilai tersebut menggambarkan adanya perbedaan skor sikap demokratis antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, karena ada perbedaan maka model pembelajaran debat mempunyai pengaruh terhadap sikap demokratis pada siswa di pelajaran PPKn. Oleh karena itu, model pembciajaran debat sangat diperlukan dalam membangun sikap demokratis siswa. Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Debat, Sikap demokratis.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:15
Last Modified: 18 Jan 2022 05:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60376

Actions (login required)

View Item View Item