PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PLAGIARISME SESUAI DENGAN PERMENDIKNAS NO 17 TAHUN 2010 DI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA (Pembimbing)

MARIYANI, MARIYANI and Chotimah, Umi (2016) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PLAGIARISME SESUAI DENGAN PERMENDIKNAS NO 17 TAHUN 2010 DI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA (Pembimbing). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, UNSRI. (Unpublished)

[thumbnail of MARIYANI- 2016-PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
MARIYANI- 2016-PEMBIMBING.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang upaya pencegahan dan penanggulangan plagiarisme sesuai dengan Permendiknas No 17 Tahun 2010 di FKIP Universitas Sriwijaya. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya pada tahun angkatan 2011 yang telah mengikuti seminar usul penelitian. Jumlah populasi dalam penelitian ini ialah 354 orang dengan tingkat kesalahan yang peneliti inginkan 5% maka jumlah sampel penelitian ini adalah 175 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam analisis data penelitian ini adalah teknik dokumentasi, angket (kuesioner), dan wawancara. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya tentang upaya pencegahan dan penanggulangan plagiarisme sesuai dengan Permendiknas No 17 Tahun 2010 digunakan teknik analisa data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dari ketiga teknik pengumpulan data, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memberikan respon positif terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan plagiarisme sesuai dengan Permendiknas No 17 Tahun 2010 dengan rata-rata jumlah skor 127.8 yang berarti mahasiswa memiliki respon positif terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan plagiarisme yang dilaksanakan di FKIP Universitas Sriwijaya. Hal ini terbukti berdasarkan angket yang diperoleh dari mahasiswa menunjukkan jumlah rata-rata skor 25.2 untuk pemahamaman bentuk-bentuk plagiarisme. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh bahwa untuk indikator upaya pencegahan plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa dan pihak perguruan tinggi diperoleh jumlah skor rata�rata 66.1 yang menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon positif terhadap upaya pencegahan yang dilakukan. Sedangkan untuk indikator upaya penanggulangan plagiarisme yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi apabila terjadi kasus plagiarisme mahasiswa memberikan respon positif dengan menunjukkan jumlah rata-rata skor 36.5. Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Plagiarisme (Permendiknas No 17 Tahun 2010)

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 15 Feb 2022 12:53
Last Modified: 15 Feb 2022 12:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64774

Actions (login required)

View Item View Item