PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 PALEMBANG

RODIAH, RODIAH and Nurhayati, Nurhayati (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007.pdf] Text
RAMA_88201_06021181823007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_88201_06021181823007_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007_0018076202_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06021181823007_0018076202_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007_0018076202_02.pdf] Text
RAMA_88201_06021181823007_0018076202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007_0018076202_03.pdf] Text
RAMA_88201_06021181823007_0018076202_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007_0018076202_04.pdf] Text
RAMA_88201_06021181823007_0018076202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007_0018076202_05.pdf] Text
RAMA_88201_06021181823007_0018076202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007_0018076202_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021181823007_0018076202_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181823007_0018076202_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06021181823007_0018076202_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru kelas VII SMP PGRI 1 Palembang terhadap video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur, (2) menghasilkan rancangan video pembelajaran berbasis animaker berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru kelas VII SMP PGRI 1 Palembang, (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap video pembelajaran berbasis animaker yang telah dikembangkan oleh peneliti, (4) mengetahui kepraktisan video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur berdasarkan uji beta menggunakan motede one to one (1-1). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Alessi & Trollip (2001) yang terdiri dari tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan teknik wawancara, kuesioner, lembar validasi ahli, dan lembar penilaian uji kepraktisan. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa dan guru membutuhkan video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar serta membantu siswa belajar secara mandiri. Uji validasi video pembelajaran berbasis animaker dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan skor 59 dengan persantase 98,3% dari skor maksimal 60. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 53 dengan persentase 81,5% dari skor maksimal 65. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur sangat baik dan sangat valid. Berdasarkan hasil uji beta best penilaian kepraktisan video pembelajaran oleh guru mendapatkan skor 75 (100%), siswa berkemampuan tinggi mendapatkan skor 75 (100%), siswa berkemampuan sedang mendapatkan skor 74 (98,6%), dan siswa berkemapuan rendah mendapatkan skor 73 (97,3%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur untuk siswa kelas VII SMP PGRI 1 Palembang ini praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, menulis teks prosedur, animaker
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Rodiah Rodiah
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:52
Last Modified: 07 Mar 2022 03:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65885

Actions (login required)

View Item View Item