Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia pada Pokok Bahasan Stoikiometri Mata Kuliah Kimia Dasar I

Desi, Desi (2013) Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia pada Pokok Bahasan Stoikiometri Mata Kuliah Kimia Dasar I. Desi. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Artikel-Desi-3.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Miskonsepsi_IMAGE0077.PDF

Download (696kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa pada topik stoikiometri pada mata kuliah Kimia Dasar I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 38 orang mahasiswa semester I program studi pendidikan kimia kampus Indralaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes miskonsepsi berupa tes pilihan ganda disertai pilihan alasan. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi terjadi pada topik materi dan perubahannya, unsur, senyawa, dan campuran, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol dengan persentase masing-masing 28,95%, 13,16%, 48,68%, 55,70% dan 51,64%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, diharapkan dapat menentukan model pembelajaran yang tepat yang bisa mengurangi miskonsepsi pada pokok bahasan stoikiometri.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, stoikiometri
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Desi Desi
Date Deposited: 09 Sep 2019 15:17
Last Modified: 09 Sep 2019 15:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6859

Actions (login required)

View Item View Item