Implementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI

Hasmalena, Hasmalena and Mahyumi, Rantina (2017) Implementasi Cerita Rakyat melalui Mata Kuliah Pendidikan Seni Tari Usia Dini untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNSRI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2). pp. 81-85. ISSN 2549-8959

[thumbnail of 18-33-3-PB(1).pdf]
Preview
Text
18-33-3-PB(1).pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah belum berkembangnya kretivitas mahasiswa PG-PAUD UNSRI. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas pada mahasiswa PG-PAUD FKIP Unsri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 40 orang terdiri dari 38 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisa data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan cerita rakyat dalam mata kuliah seni tari dapat meningkatkan kreativitas, terbukti dengan pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Pada siklus 1 pertemuan 1 aspek kelancaran berada pada kategori 63,33%, keluwesan berada pada kategori 58,33%, orginalitas berada pada kategori 54,16%, mengelaborasi berada pada kategori 55,83%, sistematis berada pada kategori 57,5%. Kedua pada siklus pertama pertemuan kedua, pada aspek kelancaran sebesar 66,66%, aspek keluwesan sebesar 71,66%, aspek orginalitas sebesar 74,16%, mengelaborasi sebesar 72,5%, sistematis sebesar 69,16%. Ketiga pada siklus 2 pertemuan 1 pada aspek kelancaran sebesar 79,16%, keluwesen sebesar 75%, originalitas sebesar 77%, mengelaborasi sebesar 78%, sistematis sebesar 83%. Keempat pada siklus 2 pertemuan 2, aspek kelancaran sebesar 80%, keluwesan sebesar 80,83%, orginalitas sebesar 80,83%, mengelaborasi sebesar 84,16%, dan pada aspek sistematis sebesar 85%. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa dengan cerita rakyat dalam mata kuliah seni tari dapat meningkatkan kreativitas pada mahasiswa PG-PAUD FKIP Unsri

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dra. Hasmalena M.Pd.
Date Deposited: 31 May 2022 06:55
Last Modified: 31 May 2022 06:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70291

Actions (login required)

View Item View Item