DESAIN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT YANG MENGINTEGRASIKAN MEDIA DIGITAL DAN KONVENSIONAL UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

PUTRI, VALENZIA and Mulyono, Budi (2022) DESAIN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT YANG MENGINTEGRASIKAN MEDIA DIGITAL DAN KONVENSIONAL UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924021_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021_0025057802_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081281924021_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021_0025057802_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924021_0025057802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (869kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021_0025057802_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924021_0025057802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021_0025057802_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924021_0025057802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021_0025057802_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924021_0025057802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021_0025057802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924021_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081281924021_0025057802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081281924021_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain aktivitas pembelajaran matematika yang mengintegrasikan media digital dan konvensional yang valid dan praktis, dan memiliki efek potensial pada kemampuan literasi matematika siswa terhadap materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Toboali dengan subjek siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu walkthrough, angket, dan tes. Berdasarkan hasil validasi kepada validator, didapat hasil validasi atau data walktrough rata-rata kevalidan RPP sebesar 88,7% dengan kriteria sangat valid, kemudian hasil validasi LKPD sebesar 85,8% dengan kriteria sangat valid dan soal tes sebesar 88,1% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil angket kepraktisan terhadap pelaksanaan aktivitas pembelajaran, diperoleh persentase dengan rata-rata sebesar 88,8% dengan kriteria sangat praktis, kemudian hasil perhitungan angket kepraktisan LKPD sebesar 87,3% dengan kriteria sangat praktis. Desain aktivitas pembelajaran yang telah dikembangkan juga memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi matematika siswa dilihat dari hasil tes siswa pada tahap field test diperoleh 14 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 75 dengan persentase 58,3%, serta kemampuan literasi matematika siswa termasuk kategori cukup dengan rata-rata nilai 71,3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Pembelajaran, Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat, Media Digital, Media Konvensional, Literasi Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Valenzia Putri
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:50
Last Modified: 19 Jan 2023 03:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/86973

Actions (login required)

View Item View Item