PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDED WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAYUAGUNG

ISMANIAR, IMA and Utami, Sri and Masri, R.H.M Ali (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDED WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAYUAGUNG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_02. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_03. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_05. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_04. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Scaffolded Writing terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 2 kayuagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Menggolongkan siswa ke dalam siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen, Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan rincian 27 siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis teks cerita pendek kelas eksperimen 64,44 dan kelas kontrol 59,30. Sementara nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 79,07 dan kelas kontrol 70,89. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thitung .> t tabel = 10,259 > 2,007 dengan df = 52 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan siswa yang diajarkan dengan model Scaffolded Writing terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kayuagung” diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model Scaffolded Writing lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kayuagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Scaffolded Writing, menulis teks cerita pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB51-885 Systems of individual educators and writers
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:18
Last Modified: 25 Sep 2019 04:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/8788

Actions (login required)

View Item View Item