Corresponding Result Of REPRESENTASI MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN CLEAN & CLEAR NATURAL BRIGHT FACE WASH “MINE MINE MINE”)

Deviana, Candra and Andy Alfatih, Andy Alfatih (2019) Corresponding Result Of REPRESENTASI MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN CLEAN & CLEAR NATURAL BRIGHT FACE WASH “MINE MINE MINE”). Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI.

[thumbnail of Kores Representasi Mitos Kecantikan.pdf] Text
Kores Representasi Mitos Kecantikan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mitos kecantikan yang ada dalam masyarakat tidak pernah berhenti terbentuk sesuai dengan iklan yang membuat kontruksi bagaimana cantik perempuan berwujud. Iklan Clean & Clear Natural Bright Face Wash “Mine Mine Mine” di media televisi muncul dengan mengambarkan bahwa cantik bukan sebatas warna kulit tertentu, seperti kulit putih, namun sesuai warna kulit alami yang cerah. Perbedaan konsep cantik yang dikonstruksikan oleh iklan ini menarik untuk diteliti bagaimana representasi mitos kecantikan yang ada dalam iklan Clean & Clear tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes dan mengunakan teori mitos kecantikan Naomi Wolf. Hasil penelitian dalam iklan menunjukan representasi mitos kecantikan yang tergambarkan dengan 1) Cantik dari luar (Outer Beauty) tergambarkan dengan warna kulit yang berbeda yang cerah alami, namun dengan mengunakan konsep cerah yang identik dengan konsep putih, menjadikan konsep warna kulit putih tetap menjadi dominasi kecantikan kulit perempuan. 2) Tampilan rambut berbeda tidak berdampak akan kecantikan perempuan. 3) Perempuan cantik dalam iklan ini masih tergambarkan bertubuh tinggi dan langsing. Dari segi 4) Cantik dari dalam (Inner Beauty) yang ditonjolkan berupa penghargaan diri yang tinggi terhadap diri sendiri dan rasa percaya diri akan kemampuan tanpa harus mengubah fisik. Secara keseluruhan, mitos kecantikan yang diyakini masyarakat masih ada di dalam iklan televisi ini.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB501 Capital. Capitalism
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 63002-Public Administration (S3)
Depositing User: Andy Alfatih
Date Deposited: 09 May 2023 14:35
Last Modified: 09 May 2023 14:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/101224

Actions (login required)

View Item View Item