ANDIRA, AYU and Fatimah, Siti and Barlian, Ikbal (2018) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_06031181419069_0020066902_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (858kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06031181419069_0020066902_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419069_0020066902_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (338kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419069_0020066902_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (372kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419069_0020066902_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (65kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419069_0020066902_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (67kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031181419069_0020066902_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS berjumlah 73 dan sampel penelitian ini berjumlah 37 peserta didik yang diambil menggunakan teknik Cluster random. Teknik pengumpulan data digunakan angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar. Hal ini dilihat dari thitung > ttabel yaitu 7,91 > 2,0301 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Diharapkan peserta didik selalu menerapkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab terhadap tugas yang berkaitan dengan pembelajaran dengan itu hasil belajar peserta didik lebih meningkat lagi, bukan hanya itu dengan harapan peserta didik memiliki inisiatif dan keseriusan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 03:16 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 03:16 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11667 |
Actions (login required)
View Item |