Pengembangan Bahan Ajar Geometri Modern dengan Strategi Syntactic With Two-Column Proof Untuk Mahasiswa Calon Guru

SURYANTO, DIKI and Aisyah, Nyimas and Susanti, Ely (2022) Pengembangan Bahan Ajar Geometri Modern dengan Strategi Syntactic With Two-Column Proof Untuk Mahasiswa Calon Guru. Aksioma, 11 (4). pp. 2929-2940. ISSN 2089-8703

[thumbnail of Artikel ini dipublikasikan di Jurnal Aksioma yang dikelola oleh UM Metro.] Text (Artikel ini dipublikasikan di Jurnal Aksioma yang dikelola oleh UM Metro.)
6162-21474-1-PB PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI MODERN DENGAN STRATEGI SYNTACTIC WITH TWO-COLUMN PROOF UNTUK MAHASISWA CALON GURU.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar geometri modern dengan strategi syntactic with two-column proof. Proses pengembangan bahan ajar dilaksanakan dengan metode design research tipe development study terdiri dari dua tahap yaitu tahapan preliminary dan formative evaluation yang meliputi self evaluation, prototyping (expert review, one to one, dan small group), dan field test. Kualitas bahan ajar ditentukan oleh tiga kriteria yaitu validitas, kepraktisan dan keefektifan. Bahan ajar ini dinyatakan valid berdasarkan aspek konten dengan rata-rata sebesar 76,3%, konstruk 81%, dan bahasa 78,9%. Selain itu modul dinyatakan praktis berdasarkan hasil kuesioner respon mahasiswa, yaitu dengan rata-rata sebesar 87,6% serta bahan ajar yang memiliki efek potensial terhdap penalaran matematis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar geometri modern dengan strategi syntactic with two-column proof valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Nyimas Aisyah
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:07
Last Modified: 18 Apr 2024 08:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143209

Actions (login required)

View Item View Item