PENGARUH PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL PADA MATAPELAJARAN PPKN DI SMPN 1 INDRALAYA UTARA

Nurbaiti, Nurbaiti (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE LATIHAN (DRILL) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL PADA MATAPELAJARAN PPKN DI SMPN 1 INDRALAYA UTARA. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of nurbaiti 2019 penguji.pdf]
Preview
Text
nurbaiti 2019 penguji.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode latihan (drill) terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam menjawab soal pada matapelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utarn. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 126 siswa dan jumlah sampel 62 siswa dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang diperlukan adalah teknik dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode latihan (drill) terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam menjawab soal digunakan teknik analisa data statistik. Berdasarkan hasil tes keterampilan siswa dalam menjawab soal menggunakan metode latihan (drill) pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 75 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 66. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode latihan (drill) terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam menjawab soal pada matapelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utara.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:16
Last Modified: 18 Jan 2022 05:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60428

Actions (login required)

View Item View Item