ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA PADA MATERI MEKANIKA

JUHERLIANI, FENTY and Kistiono, Kistiono (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA PADA MATERI MEKANIKA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038.pdf] Text
RAMA_84203_06111381823038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111381823038_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038_0027016401_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111381823038_0027016401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (707kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038_0027016401_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111381823038_0027016401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038_0027016401_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111381823038_0027016401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038_0027016401_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111381823038_0027016401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038_0027016401_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111381823038_0027016401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038_0027016401_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111381823038_0027016401_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381823038_0027016401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111381823038_0027016401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengukuruan pemahaman konsep mahasiswa pada materi mekanika dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dikelompokkan ke dalam tujuh proses kognitif yaitu menafsirkan (interpreting), memberikan contoh (exemplifying), mengklasifikasikan (classifying), meringkas (summarizing), menarik inferensi (inferring), membandingkan (comparing), dan menjelaskan (explaining). Instrumen tes yang digunakan yaitu berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Instrumen tes terdiri dari dua instrumen soal Mechanics Baseline Test (MBT) dan 28 instrumen milik Kistiono (2014). Hasil penelitian yang didapatkan: 1) Rata-rata persentase tingkat pemahaman konsep mahasiswa paling tinggi berada pada kategori proses kognitif menafsirkan (Interpreting) yaitu sebanyak 57.45%. Sedangkan rata-rata persentase tingkat pemahaman konsep paling rendah berada pada kategori proses kognitif merangkum (Summarizing) yaitu sebanyak 34.04%, 2) Pada soal nomor 14 memiliki persentase soal yang paling banyak dijawab benar oleh mahasiswa yaitu sebanyak 72.34%. Sedangkan pada soal nomor 22 memiliki persentase soal yang paling sedikit dijawab benar oleh mahasiswa yaitu sebanyak 12.77%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep , Proses Kognitif, Mekanika
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Fenty Juherliani
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:50
Last Modified: 20 Jan 2023 01:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/86616

Actions (login required)

View Item View Item