PEMANFAATAN LIMBAH BATOK KELAPA UNTUK BIOBRIKET BAGI MASYARAKAT DESA SRI TIGA, KECAMATAN SUMBER MARGA TELANG, KABUPATEN BANYUASIN

Verawaty, Marieska (2018) PEMANFAATAN LIMBAH BATOK KELAPA UNTUK BIOBRIKET BAGI MASYARAKAT DESA SRI TIGA, KECAMATAN SUMBER MARGA TELANG, KABUPATEN BANYUASIN. In: Seminar Nasional AVoER X 2018, 31 Oktober 2018, Palembang.

[thumbnail of Artikel Prosiding] Archive (Artikel Prosiding)
Avoer Paper_MV_9 nov 2018.pdf - Published Version

Download (583kB)

Abstract

Kecamatan Sumber Marga Telang merupakan pemekaran dari kecamatan Muara Telang. Desa Sri Tiga merupakan salah satu dari 10 desa di kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Sebagian besar warganya menggantungkan hidup dari hasil perkebunan kelapa rakyat dan pertanian. Sebagian areal perkebunan tersebut berada di dalam kawasan hutan lindung; dimana terjadi perambahan/okupasi yang tinggi oleh masyarakat sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Hal ini merupakan permasalahan yang memerlukan solusi. Desa ini memiliki potensi buah kelapa yang melimpah namun belum dimanfaatkan; salah satunya adalah limbah tempurung kelapa dari produksi kopra yang merupakan produk unggulan wilayah tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan arang briket dari limbah arang tempurung kelapa, dengan harapan menjadi solusi bagi permasalahan perambahan hutan melalui pemberdayaan masyarakat berupa kegiatan yang mampu meningkatkan pendapatan keluarga.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr. Marieska Verawaty
Date Deposited: 08 Apr 2023 01:20
Last Modified: 08 Apr 2023 01:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/93509

Actions (login required)

View Item View Item