RINI, RINI and Arliansyah, Joni (2006) ANALISIS EKONOMI DALAM OPTIMASI PEMELIHARAAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM LINIER. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03013110070.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (54MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110070_0015066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
|
Text
RAMA_22201_03013110070_0015066702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110070_0015066702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110070_0015066702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110070_0015066702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (731kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110070_0015066702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (436kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03013110070_0015066702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Pada umumnya kondisi jaring-jaring jalan di Indonesia sangat kurang baik. Dengan meningkatnya intensitas dan frekuensi lalu lintas yang cukup tinggi, beban muatan yang semakin meningkat, kondisi lahan yang tidak stabil dan pengaruh lingkungan mempercepat kerusakan jalan. Apabila hal ini tidak diantisipasi maka kegiatan sosial ekonomi akan terganggu. Mengingat kondisi diatas, dalam pembangunan jalan dirasakan sangat penting perhatian pada pemeliharaan jalan dan peningkatan jalan. Oleh karena itu dikembangkan suatu metode yang dapat mengatur dan merencanakan sistem pemeliharaan jalan sehingga mendapatkan keuntungan-keuntungan dari segi penghematan waktu dan penghematan biaya operasional kendaraan. Program linier f digunakan dalam pemeliharaan jalan adalah sebagai akomodasi dalam penerapan Pavement Management System (PMS). Program Linier (juga biasa disebut dengan Optimasi Linier) adalah program yang dapat dipakai untuk memecahkan masalah optimasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pengoptimalan biaya dan keuntungan (cosi and benefit) pemeliharaan jalan dengan menggunakan program linier, menghasilkan solusi untuk menentukan dan memprediksi alternatif penanganan, biaya dan keuntungan pemeliharaan jalan dalam periode 5 tahunan. Penelitian akan dilanjutkan dengan menganalisis aspek-aspek ekonomi pemeliharan jalan, dengan mencari nilai Benefit atau keuntungan dari penghematan nilai Waktu Pejalanan dan Biaya Operasional Kendaraan sebelum dan sesudah pemeliharaan jalan dilakukan. Semua data yang didapat dianalisa dengan menggunakan program linier sehingga didapat pengoptimalan keuntungan pemeliharaan jalan dan memprediksi biaya dan keuntungan untuk periode waktu mendatang. Hasil dari analisa ini akan dievaluasi dengan kriteria metode NPV (Net Present Value), IRR (Internal Rate of Retur n), dan BCR (Benefit Cost Ratio). Dengan demikian hasil optimasi program linier bisa menghasilkan solusi untuk menentukan dan memprediksi alternatif penanganan, biaya dan keuntungan serta memanajemen dana yang akan dikeluarkan pada periode tahun yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemeliharaan jalan, program linier |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA329-348 Engineering mathematics. Engineering analysis > TA347.F5C4665 Finite Element Method, Computer System Engineering Mathematics, |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 07:06 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 07:06 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/127819 |
Actions (login required)
View Item |