PENGARUH MODEL RADEC TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 RANTAU DURIAN 1

FEBRIANTI, PUTRI and Suratmi, Suratmi (2023) PENGARUH MODEL RADEC TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 RANTAU DURIAN 1. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036_0003128203_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036_0003128203_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (627kB)
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036_0003128203_02.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036_0003128203_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036_0003128203_03.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036_0003128203_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036_0003128203_04.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036_0003128203_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036_0003128203_05.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036_0003128203_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036_0003128203_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036_0003128203_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025036_0003128203_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025036_0003128203_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model RADEC terhadap kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV SDN 2 Rantau Durian 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan tipe one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil validasi soal pretest-posttest dinyatakan 10 soal valid dan 4 soal direvisi dengan setiap soal sudah mewakili indikator membaca pemahaman. Hasil uji pretest dan posttest menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan terdapat pengaruh model RADEC terhadap kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran IPAS dengan Zhitung (-12.77) < -Ztabel (-1,96). Hasil ini juga didukung oleh hasil observasi yang menyatakan bahwa model RADEC sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas IV yang senang dengan aktivitas fisik dan pembelajaran IPAS yang merupakan pembelajaran proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh model RADEC, kemampuan membaca pemahaman, pembelajaran IPAS, kelas IV Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Putri Febrianti
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:51
Last Modified: 15 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138210

Actions (login required)

View Item View Item