PENGARUH MODEL RADEC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA

BEAUTY, MAULI and Suratmi, Suratmi (2023) PENGARUH MODEL RADEC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034_0003128203_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034_0003128203_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034_0003128203_02.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034_0003128203_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034_0003128203_03.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034_0003128203_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034_0003128203_04.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034_0003128203_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034_0003128203_05.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034_0003128203_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034_0003128203_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034_0003128203_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131282025034_0003128203_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06131282025034_0003128203_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran RADEC bepengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik Sekolah Dasar kelas IV pada materi Wujud Zat dan Perubahannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan suatu model pembelajaran, yaitu RADEC. RADEC adalah singkatan dari tahapannya yakni read, answer, discuss, explain, create. RADEC berlandaskan pada tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik yang salah satunya adalah menjadi pribadi yang kreatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi (Quasi Experimental Design), desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini , data diperoleh melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Bentuk soal tes yang digunakan adalah tes uraian. Hasil Validitas dan Reliabilitas dari pengujian instrument soal diperoleh bahwa seluruh soal valid dan reliabel. Hal ini menunjukkan bahwa soal yang diberikan sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Rantau Durian 2 dan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran RADEC dan kelas IV B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasilnya, kelas eksperimen memiliki rata-rata 85,45 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 59,09. Perbedaan peningkatan rata-rata ini tidak terlepas dari jalannya pembelajaran RADEC di kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa RADEC berpengaruh dalam menigkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir, Kreatif, RADEC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mauli Beauty
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:53
Last Modified: 15 Jan 2024 06:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138211

Actions (login required)

View Item View Item