PRASTIKAWATI, FADILAH and Harini, Bunda (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD DENGAN EGRA SEBAGAI ASESMEN DIAGNOSTIK DI KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86206_06131282025048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131282025048_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131282025048_0013098902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (884kB) |
|
Text
RAMA_86206_06131282025048_0013098902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (197kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131282025048_0013098902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (125kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131282025048_0013098902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131282025048_0013098902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131282025048_0013098902_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (144kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131282025048_0013098902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Analisis Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 2 SD dengan EGRA sebagai Asesmen Diagnostik di Kabupaten Muara Enim bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik EGRA sebagai asesmen diagnostik di Kabupaten Muara Enim dan mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik kelas II SD dengan EGRA sebagai asesmen diagnostik di Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes asesmen diagnostik membaca dengan menggunakan EGRA (Early Grade Reading Assesment). Sampel dalam peneltian ini adalah 287 peserta didik kelas 2 di Kabupaten Muara Enim. Tes EGRA yang dilakukan terdiri dari beberapa subtugas berdasarkan komponen literasi. yaitu pemahaman lisan, kosakata, fonik, kelancaran, pemahaman bacaan, dan alfabet. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca peserta didik kelas II SD di Kabupaten Muara Enim yaitu pada subtugas pemahaman lisan peserta didik masih rendah, rata-rata skor peserta didik yaitu 1,68. Pada subtugas kosakata baik, skor rata-rata pengetahuan kosakata peserta didik yaitu 5,53. Pada subtugas fonik baik, rata-rata skor fonik kata bermakna yaitu 7,53 dan rata -rata skor fonik kata tak bermakana yaitu 6,36. Pada subtugas kelancaran peserta didik masih berada dibawah standar kelas, rata-rata skor kelancaran adalah 43,68 dari standar kelas 60. Pada subtugas pemahaman bacaan peserta didik masih rendah, rata-rata skor pemahaman bacaan yaitu1,29. Pada subtugas pengetahuan alfabet peserta didik mengetahui nama huruf dengan baik tetapi tidak mengetahui bunyi huruf, rata-rata pengetahuan alfabet nama huruf yaitu 42,32 dan rata-rata skor pengetahuan alfabet bunyi yaitu 10,36.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Diagnostik, EGRA, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Fadilah Prastikawati |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 08:00 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 08:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/138352 |
Actions (login required)
View Item |