DESAIN PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS LEMANG UNTUK MENGKONSTRUKSI KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA KELAS V

HIDAYATULLAH, M. ARRASIKH and Darmawijoyo, Darmawijoyo and Somakim, Somakim (2024) DESAIN PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS LEMANG UNTUK MENGKONSTRUKSI KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA KELAS V. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682226022_0028086503_0006046302_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari rendahnya kemampuan argumentasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Karena pembelajaran pecahan berfokus pada menghafal aturan dan prosedur operasi pecahan, keterampilan argumentasi menjadi terhambat. Siswa hendaknya diajarkan terlebih dahulu apa itu pecahan agar dapat menjelaskan cara menyelesaikan pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat lintasan belajar pecahan dengan menggunakan konteks Lemang dan mengetahui bagaimana konteks Lemang dapat mengkonstruksi kemampuan siswa dalam pembelajaran pecahan. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe validation studies, yang terdiri dari tiga tahap: preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD IT Rabbani Muara Enim. Pre-test, post-test, observasi, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini diperoleh suatu lintasan pembelajaran yang terdiri dari empat aktivitas yaitu: (1) memahami makna pecahan dari resep Lemang, (2) menentukan pecahan senilai dari canting yang sesuai, (3) menentukan penjumlahan pecahan dengan kegiatan menjumlahkan bahan, (4) memahami perkalian pecahan dengan menentukan kekurangan bahan. Lintasan belajar hipotetis (HLT) yang dirancang kemudian dibandingkan dengan Actual Learning Trajectory (ALT) sebenarnya. Analisis retrospektif tahap eksperimen pengajaran menunjukkan bahwa penggunaan konteks Lemang dapat mengkonstruksi keterampilan argumentasi siswa sekolah dasar. Para siswa mampu mengidentifikasi data, memberikan claim, memberikan warrant, menunjukkan backing, menolak claim yang salah, dan menjelaskan kondisi yang sesuai dari suatu pernyataan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: design research, kemampuan argumentasi, konteks Lemang, PMRI
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: M. Arrasikh Hidayatullah
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:30
Last Modified: 26 Jan 2024 02:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/139850

Actions (login required)

View Item View Item