PERENCANAAN OPTIMALISASI PRODUKSI PENGGALIAN KAPAL KERUK 22 KUNDUR I (BUCKET WHEEL DREDGE) DI PT.TAMBANG TIMAH KUNDUR BARAT KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU

SAPRI, AMAT and Toha, Taufik and Mukiat, Mukiat (2014) PERENCANAAN OPTIMALISASI PRODUKSI PENGGALIAN KAPAL KERUK 22 KUNDUR I (BUCKET WHEEL DREDGE) DI PT.TAMBANG TIMAH KUNDUR BARAT KABUPATEN KARIMUN KEPULAUAN RIAU. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03081002064.pdf] Text
RAMA_31201_03081002064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (67MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[thumbnail of RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_02.pdf] Text
RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_03.pdf] Text
RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_04.pdf] Text
RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_05.pdf] Text
RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03081002064_8864000016_0022115801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Kapal Keruk (KK) 22 Kundur l yang sudah dimodifikasi dari Bucket Chain Dredge menjadi Bucket Wheel Dredge telah beroperasi dari bulan desember sampai dengan juni, akan tetapi masih belum berhasil mencapai target produksi yang sudah ditetapkan. Pada bulan Juni, KK 22 Kundur I memiliki target Produksi Pemindahan Tanah yaitu 687.500 BCM/bulan dengan target waktu kerja selama 550 jam/bulan dan Laju Pemindahan Tanah rata - rata 1.250 BCM/jam. Realisasi produksi yang diperoleh pada bulan juni ialah 37,35 % dari target yang diberikan yaitu 256.759,97 BCM/bulan dan beroperasi selama 573 jam/bulan. LPT rata-rata yang dicapai 448,10 BCM/jam dengan produksi bijih timah hanya 22 ton dari 60 ton yang ditargetkan. Tiga hal yang menjadi perhatian dari ketidaktercapain produksi KK 22 Kundur I ini adalah Sistem Penggalian efektif maju dan tekan bucket wheel, Faktor Keamanan (FK) dari benching system yang diterapkan, dan Kelayakan penimbunan tailing. Sistem penggalian maju dan tekan bucket wheel tidak sesuai dengan tinggi bucket yaitu 0,75 m - 1 m. FK dari benching system front penambangan tidak aman yaitu 0,72 sehingga mengakibatkan longsoran dan dilusi. Kelayakan penimbunan tailing yang diterapkan tidak berdasarkan perbandingan kedalaman air dan ketebalan lapisan kaksa sehingga menimbulkan munculnya pulau dari timbunan tailing yang berlebih dan mengganggu pergerakan KK. Sistem penggalian maju dan tekan bucket wheel harus sesuai dengan tinggi bucket yaitu 0,45 m dengan luas lapisan yang efektif tergali adalah 1,44 m2. Benching system front penambangan setelah dianalisis menggunakan Software Geoslope 2007 dengan parameter density, kohesi dan sudut geser dalam lapisan tanah dengan mempertimbangkan produksi minimum bijih timah yang ekonomis,didapatlah desain lereng tunggalfront penambangan dengan lebar 6 m dan tinggi 4 m dengan FK 1,65. Perbandingan kedalaman air dan ketebalan lapisan kaksa untuk kelayakan penimbunan tailing adalah 2:1. Diharapkan setelah tiga hal di atas diterapkan produksi KK 22 Kundur I dapat ditingkatkan menjadi 82,48 % dari target yang ditetapkan yaitu 567.046,83 BCM/bulan dengan tonnage bijih timah yang diperoleh ialah 89,74 ton. Kata kunci: Laju Pemindahan Tanah, Sistem penggalian efektif, Faktor Keamanan (FK) lereng, Kelayakan Penimbunan Tailing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Laju Pemindahan Tanah, Sistem penggalian efektif, Faktor Keamanan (FK) lereng, Kelayakan Penimbunan Tailing.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN1-997 Mining engineering. Metallurgy
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:46
Last Modified: 14 Mar 2024 01:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/141517

Actions (login required)

View Item View Item