RINI, SHINTA SETYO and Supriyadi, Supriyadi and Suhendi, Didi (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI INKUIRI PADA SISWA KELAS VIII B MTs NURUL ISLAM KECAMATAN BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_56091002044.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56091002044_0001105703_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
|
Text
RAMA_88201_56091002044_0001105703_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56091002044_0001105703_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56091002044_0001105703_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56091002044_0001105703_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (827kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56091002044_0001105703_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (516kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56091002044_0001105703_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII B Mts Nurul Islam Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin melalui penerapan strategi inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs Nurul Islam Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin yang berjumlah 22 siswa dan semuanya berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksnaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil menulis puisi siswa kelas VIII B MTs Nurul Islam melalui strategi inkuiri dari prasiklus sampai siklus II. Nilai ketuntasan belajar siswa pada prasiklus menunjukkan dari 22 siswa terdapat 5 (23%) siswa yang tuntas belajar, setelah siklus I menjadi 10 (45%) siswa yang tuntas belajar, kemudian dilanjutkan ke siklus II meningkat menjadi 18 (82%) siswa yang tuntas belajar. Siswa yang tuntas belajar pada prasiklus ke siklus I menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23% (5 siswa), pada siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 36% (8 siswa). Dari 5 siswa yang tuntas belajar menjadi 18 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian tercapai. Dengan demikian, strategi inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII B MTs Nurul Islam Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Kata kunci: menulis, puisi, strategi inkuiri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, puisi, strategi inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 16 Apr 2024 01:26 |
Last Modified: | 16 Apr 2024 01:26 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/143142 |
Actions (login required)
View Item |