MUTIARA, HERLISA and Wiyono, Ketang and Sudirman, Sudirman (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111381419049_0022057904_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (557kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111381419049_0022057904_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (191kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381419049_0022057904_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (214kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381419049_0022057904_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (559kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381419049_0022057904_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381419049_0022057904_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381419049_0022057904_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Telah berhasil dikembangkan video pembelajaran materi hukum Newton tentang gerak berbasis kontekstual untuk sekolah menengah peneitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree., yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Akan tetapi tahap evaluasi menggunakan evaluasi Tessmer yang terdiri dari tahap self evaluation, expert riview, one to one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, yaitu berupa angket. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian yaitu validasi aspek media (Lay-out) dan aspek materi (Content) diperoleh skor rata-rata tahap expert riview yaitu 85,46% dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil one-to-one evaluation diperoleh skor rata-rata angket tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran sebesar 90,73% dengan kriteria sangat praktis dan pada tahapan small group evaluation dengan diperoleh skor rata-rata angket tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran sebesar 88,67% yang tergolong kriteria sangat praktis. Hasil ini menunjukkan video pembelajaran yang dikembangkan sudah valid dan sangat praktis sehingga diperoleh kesimpulan bahwa video pembelajaran fisika pada materi hukum Newton tentang gerak berbasis kontekstual yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika untuk tingkat SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, kontekstual, Hukum Newton Tentang Gerak |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC170-197 Atomic physics. Constitution and properties of matter. Including molecular physics, relativity, quantum theory, and > QC173.4.I57 Interfaces (Physical sciences) -- Mathematics. Crystallization -- Mathematical models. Mathematical physics. |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2724 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 06:54 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 06:54 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15031 |
Actions (login required)
View Item |