PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA

Dewi, Tri Septiana and Pelita, Tri and SHINTIA, SHINTIA and Akhsan, Hamdi (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10 (2). pp. 790-799. ISSN 2477-5673 (p-ISSN) 2614-722X (e-ISSN)

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA.pdf] Text
PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA.pdf - Published Version

Download (99kB)

Abstract

Perkembangan zaman semakin pesat, teknologi pun mengalami pertumbuhan yang sangat maju. Hal tersebut mempengaruhi cara atau proses bermain anak-anak. Saat ini, anak-anak lebih mengenal permainan modern atau lebih dikenal dengan menggunakan digital, teknologi, dan internet. Sudah banyak permainan modern yang digemari anak-anak, baik berbasis offline maupun offline. Permainan offline seperti playstation (PS), sedangkan permainan online seperti FreeFire, Mobile Legend, Video games, dan masih banyak lagi. Sehingga anak-anak kurang mengetahui permainan tradisional. Padahal permainan tradisional lebih baik bagi perkembangan sosial anak. Dengan permainan tradisional cara bermain anak-anak lebih memiliki rasa kerja sama, kebersamaan, sosialisasi, dan berbaur dengan teman-temannya karena bertemu secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengembangan permainan tradisional kelereng dalam meningkatkan keterampilan kerjasaman siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang mendeskripsikan bagaimana perkembangan permainan tradisional kelereng dari masa ke masa dan bagaimana perannya terhadap keterampilan kerjasama peserta didik. Hasil penelitian bahwa para siswa telah menunjukkan keterampilan sosial dalam hal bekerjasama, menyesuaikan diri, berinteraksi, mengontrol diri, berempati, menaati aturan, dan menghargai orang lain. Hal tersebut merupakan serangkaian keterampilan sosial yang perlu dimiliki siswa sekaitan dengan perannya sebagai mahluk sosial. Keterampilan sosial yang dimiliki anak sudah mencapai target keberhasilan yang diharapkan peneliti, sebagaimana tertera dalam indikator keberhasilan. Perkembangan keterampilan sosial anak yang terjadi merupakan proses penyesuaian diri anak terhadap lingkungan sekitar baik dengan teman maupun guru. Selain itu anak-anak juga menyesuaikan terhadap aturan dan pengalaman yang baru agar dapat berkegiatan dengan baik dan diterima oleh teman bermainnya maupun orang lain.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Hamdi Akhsan
Date Deposited: 15 Jul 2024 10:31
Last Modified: 15 Jul 2024 10:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/150395

Actions (login required)

View Item View Item