ANGGRIANI, MELISA and AR, Rusmin and Fatimah, Siti (2018) ANALISIS MEDIA DAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 DAN 5 DI SD NEGERI SE-KECAMATAN ILIR BARAT 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_0603128419026_0026085607_0020066902_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (693kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_0603128419026_0026085607_0020066902_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (299kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_0603128419026_0026085607_0020066902_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (352kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_0603128419026_0026085607_0020066902_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (722kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_0603128419026_0026085607_0020066902_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_0603128419026_0026085607_0020066902_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_0603128419026_0026085607_0020066902_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan media dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada pembelajaran Tematik materi IPS ekonomi. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar kelas 4 dan 5 di SDN Se-Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data hasil wawancara menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu video, uang, gambar, dan charta. Sedangkan model pemebelajaran yang digunakan adalah Tematik, Role Playing, dan Number Head Together (NHT). Hasil observasi menunjukkan bahwa guru memperoleh persentase penggunaan Media Pembelajaran mulai dari persentase terendah 57% (Cukup), 71% (Baik) dan yang tertinggi 100% (Sangat Baik). Sedangkan penggunaan model pembelajaran diperoleh persentase terendah 0% (Sangat Rendah), 56% (Cukup), 78% (Baik), 89% (Sangat Baik), dan 100% (Sangat Baik). Dengan demikian, penggunaan media dan model pembelajaran oleh guru SD untuk materi ekonomi termasuk kedalam kriteria baik. Maka dari itu diharapkan guru menyampaikan materi dengan bantuan media selain buku untuk menambah minat peserta didik ketika belajar, dan juga diharapkan guru benar-benar menerapkan model pembelajaran tematik berdasarkan struktur yang ada di dalam buku dan menggunakan model pembelajaran lain untuk menambah semangat belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media dan Model Pembelajaran Tematik kelas 4 dan 5 di SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 07:37 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 07:37 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15088 |
Actions (login required)
View Item |