ARDIANSYAH, HIJIR and Hartono, Yusuf and Darmawijoyo, Darmawijoyo (2024) PENGEMBANGAN LKPD PEMBUKTIAN BERBASIS TEORI APOS PADA MATERI FUNGSI TRIGONOMETRI JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT. Masters thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84102_06022682226017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226017_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226017_0010116401_0028086503_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (659kB) |
|
Text
RAMA_84102_06022682226017_0010116401_0028086503_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226017_0010116401_0028086503_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226017_0010116401_0028086503_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226017_0010116401_0028086503_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (86kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226017_0010116401_0028086503_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (113kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84102_06022682226017_0010116401_0028086503_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Materi Trigonometri dianggap sulit oleh siswa karena banyak rumus dan konsep yang harus dihafalkan, sehingga siswa kesulitan dalam menganalisi dan menguraikan permasalahan yang diberikan. Salah satu cara agar siswa dapat memahami rumus yaitu dengan pembelajaran pembuktian. Dalam pembelajaran pembuktian berkaiatan dengan teori APOS untuk mengkonstruk kemampuan siswa dalam memahami rumus tersebut. Pada penelitian ini, akan dibuat suatu media pembelajaran berbentuk LKPD pembuktian berbasis teori APOS. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Kikim Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD pembuktian berbasis teori APOS yang valid, praktis, serta memiliki dampak terhadap pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan tipe pengembangan produk (development study). Proses pengembangan akan dilakukan dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, angket, dan soal tes. Pengembangan dimulai dari mendesain awal LKPD pembuktian berbasis APOS, kemudian divalidasi oleh tiga orang validator. Hasil dari validasi yang dilakukan kepada tiga orang ahli mendapatkan skor sebesar 91,85%, sehingga LKPD dikategorikan sangat valid dan layak digunakan. Selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil hasilnya mendapatkan skor kepraktisan sebesar 80% Dengan demikian LKPD dikategorikan praktis. Selanjutnya dilakukan field tes, untuk mengetahui dampak LKPD dalam pembelajaran. Hasilnya menunjukan bahwa LKPD memiliki dampak dengan kategori efektif dengan skor 76,19%. Kata Kunci: Pembelajaran Pembuktian; APOS; LKPD; Jumlah dan Selisih Dua Sudut
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Pembuktian, APOS, LKPD, Jumlah dan Selisih Dua Sudut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-45 General |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2) |
Depositing User: | Hijir Ardiansyah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:27 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:27 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/151432 |
Actions (login required)
View Item |