03043150093 GABREEL DWI HERI WIBOWO KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN HIDROGEN DAN OKSIGEN HASIL ELEKTROLISA KE DALAM RUANG PEMBAKARAN TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOTOR HONDA SUPRA V

WIBOWO, GABREEL DWI HERI and Marwani, Marwani (2009) 03043150093 GABREEL DWI HERI WIBOWO KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN HIDROGEN DAN OKSIGEN HASIL ELEKTROLISA KE DALAM RUANG PEMBAKARAN TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOTOR HONDA SUPRA V. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03043150093.pdf] Text
RAMA_21201_03043150093.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03043150093_0022036505_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03043150093_0022036505_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[thumbnail of RAMA_21201_03043150093_0022036505_02.pdf] Text
RAMA_21201_03043150093_0022036505_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03043150093_0022036505_03.pdf] Text
RAMA_21201_03043150093_0022036505_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03043150093_0022036505_04.pdf] Text
RAMA_21201_03043150093_0022036505_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03043150093_0022036505_05.pdf] Text
RAMA_21201_03043150093_0022036505_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03043150093_0022036505_06_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03043150093_0022036505_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03043150093_0022036505_07_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03043150093_0022036505_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam setiap pembakaran motor bakar, akan menghasilkan emisi gas buang karena teijadinya pembakaran tak sempurna, dalam kenyataannya pembakaran sempurna tidak pernah teijadi dalam setiap pembakaran. Kadar emisi gas buang juga ditentukan oleh jenis bahan bakar, hidrogen merupakan salah satu bahan bakar yang ramah lingkungan. Hidrogen hasil elektrolisa pada pengujian ini tidak mencukupi untuk menggantikan kebutuhan bensin pada motor Honda Supra V, maka hidrogen hanya digunakan untuk penambah bensin. Pengujian dilakukan pada motor Honda supra V dengan memvariasikan beberapa putaran yaitu 850 rpm, 1050 rpm, 1250 rpm, 1450 rpm, 1650 rpm, 2500 rpm, 4500 rpm, dan 6500 rpm. Dengan kondisi sebelum penambahan hidrogen dan oksigen dan setelah penambahan hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan oksigen dihasilkan dengan cara elektrolisa, dan pada pengujian ini menggunakan alat yang menghasilkan 0,52 ml/s hidrogen dan oksigen. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan hidrogen dan oksigen hasil elektrolisa ke dalam ruang pembakaran dengan cara membandingkan hasil emisi gas buang sebelum penembahan hidrogen dan oksigen dan setelah penambahan hidrogen dan oksigen. Data yang diperoleh dalam pengujian ini adalah CO, CO2, HC, O2, NOx,dan k. Dari data yang didapat, penambahan hidrogen dan oksigen dalam ruang pembakaran menyebabkan emisi CO turun, emisi HC meningkat, CO2 yang dihasilkan menurun, O2 yang dihasilkan naik, NOx menurun dan campuran bahan bakar setelah penambahan lebih miskin bahan bakar. Dari data yang didapat emisi CO terendah teijadi pada putaran 1450 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen dengan nilai 2.97 % dengan persentase penurunan 9,42% dibandingkan tanpa penambahan hidrogen dan oksigen. Emisi HC tertinggi pada putaran 850 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen yaitu dengan nilai 3385 ppm dengan pesentase kenaikan 20,5%, nilai CO2 terendah pada putaran 850 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen yaitu sebesar 7.12 %, atau teijadi penurunan sebesar 12,5 %, sedangkan O2 yang dihasilkan tertinggi pada putaran 850 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen dengan nilai 7.76 % atau teijadi kenaikan 28,9%. Nilai lambda tertinggi teijadi pada putaran 1050 rpm pada kondisi dengan penambahan hidrogen dan oksigen dengan nilai rata rata 1.19 atau terjadi kenaikan sebesar 6,25%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penambahan hidrogen, pembakaran emisi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1-1570 Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:48
Last Modified: 11 Sep 2024 02:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/157037

Actions (login required)

View Item View Item