ANALISIS ISI KUALITATIF PERSONAL BRANDING SHAKIRA AMIRAH MELALUI INSTAGRAM @shakiraamirah

YUNATHA ASHYLA, DINDA and Pratiwi, Miftha (2025) ANALISIS ISI KUALITATIF PERSONAL BRANDING SHAKIRA AMIRAH MELALUI INSTAGRAM @shakiraamirah. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_0031059202_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_0031059202_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_0031059202_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_0031059202_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_0031059202_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_0031059202_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_0031059202_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_0031059202_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_0031059202_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_0031059202_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_0031059202_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_0031059202_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_0031059202_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_0031059202_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126258_0031059202_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126258_0031059202_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (982kB) | Request a copy

Abstract

Personal branding adalah upaya menggiring persepsi publik untuk menciptakan citra diri dengan menunjukkan nilai-nilai yang dimiliki. Penggunaan media sosial seperti Instagram merupakan pilihan yang tepat sebagai wadah penerapan personal branding. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan personal branding Shakira Amirah melalui Instagram @shakiraamirah. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Teori personal branding yang digunakan adalah menurut McNally & Speak meliputi tiga dimensi pembentukan personal branding, yaitu Dimensi Kompetensi, Dimensi Standar, dan Dimensi Style. Penelitian ini melakukan analisis konten secara visual dan naratif pada unggahan Shakira periode 01 April 2024 – 30 September 2024 sebanyak 104 unggahan. Hasil analisis menunjukkan dimensi standar merupakan strategi yang paling dominan ditampilkan Shakira pada unggahannya, sebanyak 43 konten unggahan, dimensi style sebanyak 37 unggahan, dan dimensi kompetensi sebanyak 23 unggahan. Shakira berhasil memanfaatkan Instagram sebagai sarana penerapan personal branding dengan menerapkan ketiga dimensi-dimensi tesebut. Dimensi kompetensi menunjukkan nilai-nilai yang dimiliki, dimensi standar menunjukkan keaslian dan relevansi pada nilai dan norma, dan dimensi style menunujukkan cara Shakira dalam mendorong dimensi kompetensi dan dimensi standar. Hal ini membuat Shakira mendapatkan identitas diri dan citra diri yang baik serta positif di hadapan publik. Shakira dikenal publik sebagai sosok yang berpresati, inspiratif, edukatif, relatable. Kata Kunci: Analisis Isi Kualitatif, Personal Branding, Instagram, Shakira Amirah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi Kualitatif, Personal Branding, Instagram, Shakira Amirah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Dinda Yunatha Ashyla
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:57
Last Modified: 15 Jan 2025 07:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/164948

Actions (login required)

View Item View Item