PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 10 PALEMBANG

HAMIDAH, HAMIDAH and Djahir, Yulia and Fatimah, Siti (2016) PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 10 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06121003038.pdf] Text
RAMA_87203_06121003038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06121003038_0020066902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_87203_06121003038_0020066902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87203_06121003038_0020066902_02.pdf] Text
RAMA_87203_06121003038_0020066902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06121003038_0020066902_03.pdf] Text
RAMA_87203_06121003038_0020066902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06121003038_0020066902_04.pdf] Text
RAMA_87203_06121003038_0020066902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06121003038_0020066902_05.pdf] Text
RAMA_87203_06121003038_0020066902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06121003038_0020066902_06_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06121003038_0020066902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06121003038_0020066902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87203_06121003038_0020066902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbandingan pengaruh model pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS di SMP N 10 Palembang. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran IPS”. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan metode completely rendomized design, dengan bentuk pretest posttest.Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, didapat kelas VIII.11 sebagai eksperimen-1 dan kelas VIII.12 sebagai eksperimen-2 dengan masing – masing berjumlah 38 dan 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data observasi keterampilan sosial peserta didik kelas eksperimen-1 diperoleh nilai 97,4%. Pada kelas eksperimen-2 diperoleh nilai 84,1%. Adapun hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t didapat thitung ≥ ttabel =10,75 ≥ 1,985. Hal ini berarti terdapat perbedaan pengaruh model TimeToken dengan Think Talk Write terhadap keterampilan sosial. Kedua model ini sama – sama memiliki pengaruh sangat kuat terhadap keterampilan sosial. Tetapi pengaruh model Time Token lebih kuat dibanding pengaruh Think Talk Write dapat dilihat dengan nilai rhitung≥ rtabel yaitu 0,987 ≥ 0,320 untuk Time Token, sedangkan Think Talk Write sebesar rhitung ≥ rtabel yaitu 0.917 ≥ 0,312. Adapun kendala penelitian, peserta didik yang mendapat kesempatan berbicara tidak digunakan secara efisien, sulitnya mengatur peserta didik dalam melakukan tahap Think, tetapi dengan meyakinkan peserta didik untuk berani berpendapat dan mengatur waktu kedua kendala tersebut dapat dikendalikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Time Token, Think Talk Write, keterampilan sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-45 General
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:15
Last Modified: 15 Nov 2019 08:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16575

Actions (login required)

View Item View Item