DESAIN LKPD MATERI PERBANDINGAN UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

JAYANTI, REGITA DWI and Mulyono, Budi and Hapizah, Hapizah (2024) DESAIN LKPD MATERI PERBANDINGAN UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_Cover.jpg] Text
RAMA_84102_06022682327010_Cover.jpg - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327010_0025057802_0030057902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD materi perbandingan untuk mendukung kemampuan computational thinking yang valid dan praktis serta mengetahui dampak dari LKPD yang dikembangkan dalam mendukung kemampuan computational thinking peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian design research tipe development studies dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui lima tahap, yaitu: (1) Analyze; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara, Kevalidan LKPD dapat dilihat dari tiga aspek yaitu isi, konstruk, dan Bahasa yang dilakukan pada tahap expert riview serta komentar dan saran dari hasil uji coba one to one. Kepraktisan LKPD dapat dilihat dari hasil perhitungan angket kepraktisan yang diberikan pada tahap small group. Berdasarkan hasil validasi expert riview diperoleh bahwa LKPD valid dengan persentase rata – rata kevalidan sebesar 84,55% Sdan berdasarkan angket kepraktisan diperoleh persentase kepraktisan sebesar 79,13% yang menunjukkan bahwa termasuk pada kriteria praktis. Selain itu, LKPD yang dikembangkan juga memiliki efek potensial yang terlihat pada analisis hasil tes yang dilakukan terdapat penurunan jumlah peserta didik kategori rendah dari 15 peserta didik menjadi 6 peserta didik, kategori sedang meningkat dari 13 orang menjadi 18 orang, dan kategori tinggi meningkat dari 3 orang menjadi 7 orang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Computational Thinking, Perbandingan, LKPD.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Regita Dwi Jayanti
Date Deposited: 21 Jan 2025 05:41
Last Modified: 21 Jan 2025 05:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166149

Actions (login required)

View Item View Item