PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING MATERI BARISAN DAN DERET ARTIMATIKA

AZMA, TIARA RODIANA and Hapizah, Hapizah and Darmawijoyo, Darmawijoyo (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING MATERI BARISAN DAN DERET ARTIMATIKA. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_cover.jpg] Text
RAMA_84102_06022682327008_cover.jpg - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (791kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (986kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327008_0030057902_0028086503_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Minimnya media pembelajaran berbasis Computational Thinking (CT) siswa SMA khususnya pada materi barisan dan deret aritmatika menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan CT siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) pada materi barisan dan deret aritmatika untuk meningkatkan keterampilan CT dengan memanfaatkan media Liveworksheets. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode design research jenis development studies dengan model pengembangan Tessmer melalui dua fase yakni preliminary dan formatif evaluation, pada fase formatif evaluation terdapat beberapa tahapan yaitu expert review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan observasi, Kevalidan E-LKPD dilihat berdasarkan empat aspek yaitu isi, konstruk, bahasa, dan Information and Communication Technologies (ICT) kemudian kepraktisan E-LKPD dilihat dari hasil perhitungan angket kepraktisan pada tahap small group. Berdasarkan hasil validasi diperoleh bahwa E-LKPD valid dengan persentase rata-rata kevalidan sebesar 95,47% dan berdasarkan angket kepraktisan diperoleh persentase kepraktisan sebesar 89,97% yang menunjukkan bahwa termasuk pada kriteria sangat praktis. Selain itu, E-LKPD yang dikembangkan juga memiliki efek potensial terhadap kemampuan CT dan motivasi belajar siswa yang terlihat pada analisis nilai N-Gain sebesar 0,4386 untuk kemampuan CT dan NGain sebesar 0,3187 untuk motivasi belajar yang masuk kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Barisan dan Deret Aritmatika, Computational Thinking, E- LKPD
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Tiara Rodiana Azma
Date Deposited: 21 Jan 2025 05:42
Last Modified: 21 Jan 2025 05:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166151

Actions (login required)

View Item View Item