ASNIDA, LELA and Taufik, Taufik and Akhsan, Hamdi (2015) IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON DI SMA SE-KABUPATEN OKU MELALUI TES FMCE (FORCE AND MOTION CONCEPTUAL EVALUATION). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111411015_0010026901_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (484kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111411015_0010026901_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111411015_0010026901_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (289kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111411015_0010026901_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111411015_0010026901_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111411015_0010026901_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (211kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan hukum Newton di SMA Se-Kabupaten OKU. Teknik sampling menggunakan probability sampling disproportionate stratified random sampling, dari 28 SMA Se-Kabupaten OKU dipilih 6 sekolah yang mewakili 3 klaster. Penelitian dilakukan terhadap 155 orang siswa SMA kelas X tahun ajaran 2014/1015. Sebagai alat pengumpulan data digunakan instrumen penelitian berupa tes Force and Motion Conceptual Evalution (FMCE) berupa soal pilihan ganda beralasan sebanyak 23 soal. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa di SMA Se-Kabupaten OKU mencapai 26,9%. Berdasarkan klaster sekolah, pemahaman konsep siswa dalam menjawab soal-soal FMCE didapatkan persentase 72% klaster I, 52% klaster II, dan 34% klaster III. Berdasarkan tingkat pemahaman konsep hukum I Newton paling tinggi diraih oleh klaster I sebesar 15% dan paling rendah klaster III sebesar 7%. Pada konsep hukum II Newton paling tinggi diraih oleh klaster I sebesar 46% dan paling rendah klaster III sebesar 24%. Pada konsep yang terakhir hukum III Newton paling tinggi diraih oleh klaster I sebesar 27% dan paling rendah klaster III sebesar 9%. Jadi, dapat disimpulkan klaster I memiliki pemahaman konsep yang baik daripada klister II dan III. Berdasarkan hasil penelitian guru diharapkan dalam memberi materi hukum Newton lebih menekankan pada pemahaman konsep siswa sehingga perlu diadakan penelitian lanjutan untuk memperbaiki konsep-konsep siswa dan juga cara mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, tes FMCE, konsep Newton |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 03:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 03:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17049 |
Actions (login required)
View Item |