ADHA, AIDIL and Yadi, Farhan (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI STEM SKILLS PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGELASAN TIG MIG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() |
Image
RAMA_83203_06121382126061_cover.jpeg - Cover Image Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061_0029057708_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (866kB) |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061_0029057708_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061_0029057708_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061_0029057708_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (903kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061_0029057708_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (102kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061_0029057708_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_83203_06121382126061_0029057708_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi keterampilan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada pembelajaran mata kuliah pengelasan TIG MIG di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sriwijaya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan alat ukur yang mampu menilai keterampilan STEM mahasiswa secara menyeluruh, khususnya dalam pembelajaran berbasis proyek yang menuntut penguasaan keterampilan abad 21. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dikembangkan meliputi rubrik penilaian kinerja, lembar observasi, serta instrumen penilaian diri dan teman sebaya. Validitas instrumen diuji melalui expert judgement dengan tiga validator menggunakan rumus Aiken’s V, sedangkan reliabilitas diuji melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam menilai keterampilan STEM mahasiswa pada praktik pengelasan TIG MIG. Instrumen ini diharapkan dapat menjadi alat bantu dosen dalam melaksanakan evaluasi keterampilan secara komprehensif dan mendalam. Kata Kunci: Instrumen Evaluasi, Rubrik Penilaian, STEM Skills, Pengelasan, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Evaluasi, Rubrik Penilaian, STEM Skills, Pengelasan, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 83203-Mechanical Technique Education (S1) |
Depositing User: | Aidil Adha |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:05 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:05 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/180263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |