PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENULIS TEKS BERITA MELALUI STRATEGI HERRINGBONE PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR

SINAGA, RANITA and Purnomo, Mulyadi Eko and Masri, R.H.M Ali (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENULIS TEKS BERITA MELALUI STRATEGI HERRINGBONE PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (816kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_02. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_03. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_04. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_05. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121002009_0007015902_0005036803_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar yang digunakan guru dan siswa, prototipe bahan ajar yang sesuai kebutuhan, mengetahui hasil validasi bahan ajar sesuai dengan validasi oleh ahli, serta mengetahui praktikalitas bahan ajar hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) melalui strategi Herringbone yang dapat digunakan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini telah melalui proses uji validasi yang dilakukan oleh ahli pada masing-masing bidang yaitu, ahli kelayakan isi/materi, ahli bahasa, dan ahli media. Berdasarkan validasi ahli isi/materi, bahan ajar yang dikembangkan memperoleh skor 22 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan sangat baik, berdasarkan validasi ahli kebahasaan bahan ajar memperoleh skor 16 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan sangat baik, dan berdasarkan validasi ahli media bahan ajar yang dikembangkan memperoleh skor 20 dari skor maksimal 25 dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil validasi tersebut, maka bahan ajar LKS menulis teks berita melalui strategi Herringbone ini dikategorikan valid. Revisi bahan ajar hasil koreksi validasi ahli kemudian diuji kepraktisannya melalui hasil uji coba orang per orang (one-to-one) dan kelompok kecil (small group) kepada siswa kelas VIII SMP N 2 Indralaya Utara. Berdasarkan hasil evaluasi orang per orang (one-to-one), bahan ajar berbentuk LKS ini memperoleh skor 47,36, dan 46 dari skor maksimal 50 sehingga bahan ajar ini dinyatakan praktis. Pada uji coba kelompok kecil (small group), skor masing-masing yang diperoleh yaitu 46, 47, 45, 39, 43, 41,45,46, dan 39 dari skor maksimal 50 sehingga bahan ajar ini dinyatakan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, lembar kerja siswa, Herringbone, menulis teks berita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:01
Last Modified: 25 Nov 2019 04:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18116

Actions (login required)

View Item View Item