SABRINA, ISABELLA RACHMAWATI and Sumarni, Sri and Umar, Rusnawaty (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DI KELOMPOK B TK ARKAAN PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86202_06111014001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_86202_06111014001_0001015941_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (966kB) | Preview |
Text
RAMA_86202_06111014001_0001015941_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (411kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06111014001_0001015941_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (370kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06111014001_0001015941_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (691kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06111014001_0001015941_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (122kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06111014001_0001015941_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (123kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06111014001_0001015941_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan di kelompok B TK Arkaan Palembang. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas (classroom action research).Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang dilakukan sebanyak 4 pertemuan. Subjek pada penelitian ini sebanyak 26 orang yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Adapun langkah-langkah dalam metode penelitian yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sebelum melakukan penelitian, diadakan pra penelitian untuk mengetahui hasil prosentase awal keterampilan berbicara anak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa peningkatan keterampilan berbicara anak sebelum dilakukan tindakan dan setelah dilakukan tindakan baik pada siklus 1 maupun pada siklus 2. Keterampilan berbicara anak dapat meningkat setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan. Hal ini terlihat dari peningkatan keterampilan berbicara anak dari pra siklus sampai dengan siklus 2. Pada pra siklus ada 10 orang anak atau 37,98% yang tercapai dalam berbicara, meningkat pada siklus 1 ada 21 orang anak atau 79,08% keterampilan berbicara anak sudah berkembang sesuai harapan dan pada siklus 2 ada 25 orang anak atau 93,02% keterampilan berbicara anak sudah berkembang sangat baik. Jadi kesimpulnya dalam penelitian media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B di TK Arkaan Palembang berkembang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan BerBicara, Metode bercerita, Media Boneka Tangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 05:55 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 05:55 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18469 |
Actions (login required)
View Item |