PENERAPAN MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 152 PALEMBANG

APRILIANI, AYU and Anggraini, Betty and Hasmalena, Hasmalena (2016) PENERAPAN MODEL WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 152 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06121013008_0026055904_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06121013008_0026055904_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06121013008_0026055904_02. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013008_0026055904_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013008_0026055904_03. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013008_0026055904_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013008_0026055904_04. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013008_0026055904_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013008_0026055904_05. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013008_0026055904_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013008_0026055904_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013008_0026055904_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06121013008_0026055904_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_86206_06121013008_0026055904_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan menerapkan model word square di Kelas V SD Negeri 152 Palembang. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah kelas Vd SD Negeri 152 Palembang dengan jumlah siswa 40 orang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil ini menunjukkan setelah diberikan tindakan siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 70,51 dengan persentase ketuntasan 61,54%. Dilakukan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 80,51 dengan persentase ketuntasan 79,49%, dan setelah dilakukan tindakan siklus III nilai rata-rata siswa 88,50 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Kemudian dari hasil persentase keaktifan siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 56,49% (Cukup Aktif) dan siklus I pertemuan 2 mencapai 65,64% (Aktif), dan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 72,44% (Aktif), siklus II pertemuan 2 mencapai 76,41 (Aktif). Pada siklus III pertemuan 1 81,13% (Aktif) dan siklus III pertemuan 2 sebesar 85,13% (Sangat Aktif). Disimpulkan bahwa model word square dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas V SD Negeri 152 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model word square, ilmu pengetahuan sosial, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:54
Last Modified: 27 Nov 2019 02:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18704

Actions (login required)

View Item View Item