PURWATI, EKA and Effendi, Effendi and Desi, Desi (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA N 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84204_06111010029.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84204_06111010029_0006106003_0019118301_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (682kB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06111010029_0006106003_0019118301_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (307kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010029_0006106003_0019118301_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (343kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010029_0006106003_0019118301_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (406kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010029_0006106003_0019118301_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (91kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010029_0006106003_0019118301_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (174kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010029_0006106003_0019118301_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 2 SMA N 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, refleksi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, rata rata hasil belajar siswa pada siklus I (T1) didapatkan sebesar 61,47 dengan ketuntasan belajar sebesar 41,67% dan keaktifan siswa sebesar 57,83%. Pada siklus II rata rata hasil belajar siswa pada siklus II (T2) didapatkan sebesar 75,34 dengan ketuntasan belajar sebesar 68,57% dan keaktifan siswa sebesar 73,28%. Pada siklus III rata rata hasil belajar siswa pada siklus III (T3) didapatkan sebesar 87,61 dengan ketuntasan belajar sebesar 85,29% dan keaktifan siswa sebesar 86,02%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Problem solving dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sehingga disarankan bagi guru sebagai metode alternatif pilihan dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, Metode Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mr. Muhammad Irwan |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 03:28 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 03:28 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18759 |
Actions (login required)
View Item |