KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIMPANG TIMBANGAN

MUTMAINAH, UMI and Alwi, Zahra and Ansori, Ansori (2007) KEEFEKTIFAN MEDIA GAMBAR DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIMPANG TIMBANGAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06023112032.pdf] Text
RAMA_88201_06023112032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (61MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_02.pdf] Text
RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_03.pdf] Text
RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_04.pdf] Text
RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_05.pdf] Text
RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (896kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06023112032_0006125201_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan apakah media gambar lebih efektif daripada cara konvensional dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri I Simpang Timbangan. Tujuannya untuk mengetahui ada atau tidaknya akibat dari perlakuan antara kelas yang menggunakan media gambar dengan kelas yang menggunakan cara konvensional dalam pembelajaran Bahasa khususnya menulis karangan deskripsi. Manfaat penelitian ini yaitu sebagai strategi alternatif dalam pembelajaranmenulis khususnya menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa dengan rincian 30 orang siswa kelas V.A (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar dan 34 orang siswa kelas V.B (kelas kontrol) mendapat pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan cara konvensional. Hipotesis penelitian ini yaitu adanya perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media gambar dengan kelas yang menggunakan cara konvensional dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi di SD Negeri I Simpang Timbangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang berarti terhadap tingkat kemampuan siswa. Skor rata-rata siswa yang menggunakan media gambar lebih besar daripada skor rata-rata siswa yang menggunakan cara konvensional. Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan. Skor rata-rata kelas eksperimen dan skor rata-rata kelas kontrol, yaitu dari pengujian uji t menunjukkan thu > tu* atau 2,34 > 1,67 (db = 58) pada tingkat kepercayaan 95%. Hal ini membuktikan bahwa pengguna media gambar lebih efektif daripada cara konvensional dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri I Simpang Timbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media gambar, karangan deskripsi, deskripsi ekspositori impresaionistis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325-325.5 Semantics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:41
Last Modified: 24 Nov 2021 03:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57879

Actions (login required)

View Item View Item