SUSNIATI, SUSNIATI and Supriyadi, Supriyadi and NUrbaya, NUrbaya (2006) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II A SDN 4 KOTA PALEMBANG DENGAN METODE lQRO MODIFIKASI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06033112055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (36MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06033112055_0028055905_0015085406_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06033112055_0028055905_0015085406_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112055_0028055905_0015085406_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112055_0028055905_0015085406_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112055_0028055905_0015085406_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112055_0028055905_0015085406_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (785kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112055_0028055905_0015085406_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas rendah yaitu sejak kelas I dan II. Penguasaan keterampilan membaca untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah dengan metode iqro modifikasi keterampilan membaca siswa kelas rendah Sekolah Dasar Negeri 4 Kota Palembang dapat meningkat. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan keterampilan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 4 kota Palembang dapat meningkat dengan metode iqro modifikasi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II A berjumlah 55 orang terdiri dari 31 orang laki-laki dan 24 orang perempuan tahun ajaran 2005/2006.Instrumen penelitian berupa guru/peneliti sebagai peneliti dan pengamat. Tes yang dilakukan adalah tes awal dan tes akhir dengan lembar soal yang sama, yaitu berupa tes ketepatan membaca huruf, kata, suku kata kalimat dan wacana. Materi iqro modifikasi terdiri dari 27 materi. Teknik pembelajaran guru rrienyiapkan alat peraga dari karton manila yang berukuran panjang 80 cm dan lebar 55 cm dengan wama putih. Pembelajaran dimulai dengan metode guru mencontohkan cate rriembaca dengan intonasi yang tepat. Siswa mengikuti secara klasikal, perbaris bangku dan individ. Untuk menulis dilakukan dengan menyalin, dikte dan melengkapi tulisan. Hasil penelitian menunjukkan dalam waktu 27 kali pertemuan, setiap pertemuan 2 x 30 menit siswa kelas II A Sekolah Dasar Negeri 4 Kota Palembang keterampilan membacanya dapat meningkat, dari rerata kelas 68,95 menjadi 89,6. Persentasenya 67,27 % menjadi 94,54 %. Keberhasilan membaca dimaksud adalah ketepatan membaca huruf, suku kata, kata, kalimat dan wacana. Kata kunci : ketrampilan membaca, metode iqro
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ketrampilan membaca, metode iqro |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 05:03 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 05:03 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59224 |
Actions (login required)
View Item |