ANALISIS DETERMINAN KELUHAN PENDENGARAN SUBYEKTIF PADA MASINIS PT KERETA API (PERSERO) SUB DIVRE III.1 KERTAPATI PALEMBANG

Yani, Suci Diana Mastro and Faisya, Achmad Fickry and Hasyim, Hamzah (2012) ANALISIS DETERMINAN KELUHAN PENDENGARAN SUBYEKTIF PADA MASINIS PT KERETA API (PERSERO) SUB DIVRE III.1 KERTAPATI PALEMBANG. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 3 (02). pp. 108-114. ISSN 20866380

[thumbnail of ANALISIS DETERMINAN KELUHAN PENDENGARAN SUBYEKTIF PADA MASINIS PT KERETA API (PERSERO) SUB DIVRE III.1 KERTAPATI PALEMBANG.pdf]
Preview
Text
ANALISIS DETERMINAN KELUHAN PENDENGARAN SUBYEKTIF PADA MASINIS PT KERETA API (PERSERO) SUB DIVRE III.1 KERTAPATI PALEMBANG.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Keluhan pendengaran subyektif yang dirasakan oleh masinis merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan masinis, terutama yang terkait dengan pendengaran (Auditori) yang terjadi akibat kebisingan. Tingginya intensitas bising serta lama pajanan yang dialami masinis di dalam lokomotif dan tidak tersedianya Alat Pelindung Telinga bagi masinis dapat menyebabkan terjadinya keluhan pendengaran subyektif pada masinis. Metode : Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan desain studi cross-sectional. Sampel penelitian adalah masinis dan asisten masinis sebanyak 106 orang. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Teknik analisis data secara univariat dan bivariat dengan statistic uji chi-square. Data kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan dinarasikan untuk menginterpretasikan data tersebut. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 variabel independent terdapat 2 variabel yang dinyatakan berhubungan secara statistik dengan keluhan pendengaran subyektif pada masinis yaitu lama pajanan (p-value : 0,018) dan intensitas kebisingan (p-value : 0,018). Kesimpulan : Sebagian besar masinis dan asisten masinis PT Kereta Api (Persero) Sub Divre III.1 mengalami keluhan pendengaran subyektif. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu, diharapkan adanya alat peredam kebisingan serta pemeliharaan lokomotif, adanya program konservasi pendengaran, serta diharapkan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi secara intensif dari pihak manajemen. Kata Kunci : Keluhan Pendengaran Subyektif, Masinis, Kebisingan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1)
Depositing User: Dr.rer.med Hamzah Hasyim, S.K.M, M.K.M
Date Deposited: 28 Dec 2021 13:17
Last Modified: 18 Feb 2022 03:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60079

Actions (login required)

View Item View Item