HAUDA, NABILAH and Pratiwi, Weni Dwi (2021) DESAIN PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR KUALITATIF UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081381823045.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823045_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823045_0018045910_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823045_0018045910_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (766kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823045_0018045910_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823045_0018045910_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823045_0018045910_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (318kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081381823045_0018045910_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (430kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081381823045_0018045910_07_lamp.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian design research dengan tipe validation studies yang bertujuan untuk menghasilkan lintasan pembelajaran pada topik geometri dimensi tiga untuk mendukung keterampilan berpikir kualitatif siswa dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) akan disempurnakan melalui tahap pembelajaran yang akan dilakukan di kelas. Kegiatan yang dibuat dan dirancang dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mendukung proses pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palembang, dengan fokus penelitian 6 orang siswa dengan kemampuan bervariasi, yaitu tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih berdasarkan hasil nilai harian pada semester sebelumnya serta rekomendasi guru mata pelajaran matematika. Ada tiga tahap dalam melakukan penelitian ini, yaitu: (1) Preparation Phase; (2) Design experiments terdiri dari pilot experiments dan teaching experiments; (3) Retrospective analysis. Data penelitian dikumpulkan dan akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang dibuat menggunakan level berpikir kualitatif dengan indikator yang sering terlihat pada siswa SMA Negeri 1 Palembang kelas XII MIPA 7 merupakan indikator visualisasi, pelabelan, dan pemecahan kode. Lintasan belajar yang diperoleh dari penelitian ini didasarkan pada LKPD yang telah dilakukan oleh siswa dimana permasalahannya berkontribusi membangun level berpikir kualitatif dalam pembelajaran dimensi ketiga. Kata kunci: Design research, Lintasan Belajar, Dimensi Tiga, RMT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Design research, Lintasan Belajar, Dimensi Tiga, RMT. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Nabilah Hauda |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:17 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 04:17 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60780 |
Actions (login required)
View Item |