NARYATI, NARYATI and Supriyadi, Supriyadi and Heryana, Nandang (2012) KEEFEKTIFAN METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMPN 1 TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06081002005.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (62MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06081002005_0004105903_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06081002005_0004105903_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002005_0004105903_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002005_0004105903_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002005_0004105903_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002005_0004105903_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (901kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002005_0004105903_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode Reciprocal Teaching dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP N 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-eksperimen-research). Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 60 siswa. Untuk menggolongkan siswa kedalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen , peneliti menggunakan purposive sample sehingga didapat rincian didapat rincian 30 siswa kelas VIII1 sebagai kelompok eksperimen mendapat pembelajaran keterampiran membaca pemahaman dengan menggunakan metode Reciprocal Teaching dan 30 siswa kelas VIII.2 sebagai kelompok kontrol mendapat pembelajaran keterampiran membaca pemahaman dengan menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data dengan teknik statistik uji-t menggunakan program komputer SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Reciprocal Teaching dan metode konvensional. Nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode Reciprocal Teaching lebih besar dari pada nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil pengujian uji-t kedua kelompok penelitian, dapat disimpulakan bahwa ada perbedaan skor rata-rata pada kelompok eksperiemen dan kelompok kontrol sebab setelah dikonsultasikan pada tlabel ternyata perbedaan tersebut signifikan. Kata-kata kunci: metode Reciprocal Teaching, metode konvensional, membaca pemahaman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Reciprocal Teaching, metode konvensional, membaca pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 01:27 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 02:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65619 |
Actions (login required)
View Item |