PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR KESELURUHAN, BAGIAN, KESELURUHAN (Whole Part Whole) DENGAN PERALATAN YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 1 RANTAU PANJANG TAHUN AJARAN 2008/2009

KISWANTI, SRI and Syafril, Djumadin and Usra, Meirizal (2009) PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR KESELURUHAN, BAGIAN, KESELURUHAN (Whole Part Whole) DENGAN PERALATAN YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 1 RANTAU PANJANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06053124016.pdf] Text
RAMA_85201_06053124016.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (67MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_02.pdf] Text
RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_03.pdf] Text
RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_04.pdf] Text
RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_05.pdf] Text
RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06053124016_9900004489_0028056101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pendidikan jasmani, pembelajaran permainan bola voli yang diberikan cukup terbatas karena alokasi waktu yang ditetapkan juga terbatas. Dari hasil pengamatan dan pengalaman, tidak semua materi pembelajaran voli dapat diajarkan pada setiap pembelajaran pendidikan jasmani. Hal inilah yang mungkin merupakan salah satu sebab yang mempengaruhi perhatian siswa pada pembelajaran permainan bola voli. Masalah dalam penelitian ini adalah Berapa kali pertemuan siswa dapat melakukan passing bawah dengan baik apabila guru mengajarkan passing bawah menggunakan metode Keseluruhan,bagian,Keseluruhan (whole part whole) dan peralatan yang dimodifikasi dalam pembelajaran permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rantau panjang tahun ajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah melalui Metode Keseluruhan,bagian,Keseluruhan (whole part whole) dengan peralatan yang dimodifikasi dapat meningkatkan penguasaan teknik dasar passing bawah dalam pembelajaran permainan bola voli siswa. Manfaat penelitian ini adalah bagi peneliti dapat dijadikan informasi dalam rangka memilih model pembelajaran yang lebih baik pada permainan bola voli siswa SMP Negeri 1 Rantau panjang tahun ajaran 2008/2009. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VTI-3 SMP Negeri 1 Rantau Panjang yang berjumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan dan observasi dilapangan. Penelitian dilakukan tiga siklus dengan hasil pada siklus satu siswa yang memiliki kebenaran baik hanya 4 orang atau 11,43% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, pada siklus dua siswa yang memiliki kebenaran baik meningkat 26 orang atau 74% dan pada siklus tiga siswa yang memiliki kebenaran baik mencapai 31 orang atau 88,57% meningkat dibanding pada siklus satu setelah diberi pembelajaran menggunakan metode bagian pada siklus dua,maka penelitian ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Metode Keseluruhan, Bagian, Keseluruhan (Whole Part Whole)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3201-3325 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:15
Last Modified: 25 Jul 2022 04:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/74176

Actions (login required)

View Item View Item