PENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI MEMBACA LEVEL 5 MENGGUNAKAN APLIKASI TESTMOZ DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG

APRILIANSYAH, MIFTAH DIVIAN and Ernalida, Ernalida (2023) PENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI MEMBACA LEVEL 5 MENGGUNAKAN APLIKASI TESTMOZ DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028_0015026902_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028_0015026902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028_0015026902_02.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028_0015026902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028_0015026902_03.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028_0015026902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028_0015026902_04.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028_0015026902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (815kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028_0015026902_05.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028_0015026902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028_0015026902_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381924028_0015026902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06021381924028_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan soal asesmen kompetensi minimum literasi membaca level 5 menggunakan aplikasi Testmoz di SMA Negeri 19 Palembang ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan kebutuhan pendidik dan peserta didik; (2) merancang produk berupa soal asesmen kompetensi minimum literasi membaca level 5 menggunakan aplikasi Testmoz; (3) mendeskripsikan kelayakan produk menurut para ahli; (4) mendeskripsikan hasil validitas dan reliabilitas; dan (5) mendeskripsikan hasil analisis butir soal. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan kombinasi Borg and Gall dan Djiwandono. Uji validasi dilakukan oleh ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli bahasa. Hasil validasi aspek materi nilai persentase 64,03%. Hasil validasi dari aspek bahasa nilai persentase 56,04%. Validitas soal pilihan ganda 0,69 interpretasi tinggi. Validitas soal esai 0,53 interpretasi sedang. Validitas soal isian singkat 0,79 interpretasi tinggi. Validitas soal pilihan ganda kompleks 0,54 interpretasi sedang. Validitas soal menjodohkan 0,71 interpretasi tinggi. Pada analisis validitas item menunjukkan 50 butir soal dinyatakan valid. Pada analisis reliabilitas pilihan ganda 0,54 kategori cukup. Reliabilitas esai 0,67 kategori sangat tinggi. Reliabilitas isian singkat 0,56 kategori cukup. Reliabilitas pilihan ganda kompleks 0,62 kategori tinggi. Reliabilitas menjodohkan 0,68 kategori tinggi. Hasil analisis butir soal menunjukkan bahwa 50 butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang ada 48 butir soal dan tingkat kesukaran mudah ada 2 butir soal. Berdasarkan hasil analisis daya pembeda dan kualitas pengecoh tidak terdapat soal dengan opsi yang perlu diperbaiki. Kata Kunci: Analisis Butir Soal, AKM, Literasi Membaca, Testmoz

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, AKM, Literasi Membaca, Testmoz
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Miftah Divian Apriliansyah
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:28
Last Modified: 29 Mar 2023 02:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/91755

Actions (login required)

View Item View Item