Arif, Rahman Gani and Diki, Wahyudi and Farida, Husna and Syarifuddin, Syarifuddin and Supriyanto, Supriyanto (2022) Adat Sedulang Setudung di Desa Gelebak Dalam Banyuasin, 1999-2019 (Cooresponding Author). Universitas Hamzanwadi.
Text
46. Adat Sedulang Setudung di Desa Gelebak Dalam Banyuasin, 1999-2019.pdf Download (3MB) |
Abstract
Artikel ini membahas tentang keberadaan tradisi Sedulang Setudung dalam 20 tahun terakhir. Perkembangan adat dalam budaya dalam jangka waktu yang lama tidak dapat dilihat dari perspektif budaya lain; untuk bertahan hidup, bisnis harus memiliki sistem nilai mereka. Penelitian ini mengkaji tentang sejarah perkembangan adat Sedulang Setudung di Desa Gelebak Dalam, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, dari tahun 1999-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Adat Sedulang Setudung merupakan salah satu implementasi yang berhasil dari sistem nilai yang ada sampai sekarang. Nilai-nilai filosofis dalam setiap kegiatan dan unsur adat ini menjadi syarat pengikat dan makna yang kuat agar masyarakat setempat selalu menghormatinya. Perkembangan adat Sedulang Setudung bisa sangat konsisten; Sejak awal, adat ini telah ada hingga saat ini, dan keberadaannya masih menjadi kebanggaan sebagai pemersatu desa. Peran pemerintah desa dan lembaga adat yang menjadi penggerak adat ini selalu memastikan bahwa adat ini dijalankan sesuai dengan filosofinya. Kemudian masyarakat selalu antusias menyambut adat ini pada setiap hari besar Islam. Harmonisasi ini membentuk rasa solidaritas yang tinggi dalam melestarikan tradisi Sedulang Setudung sebagai warisan para pendahulunya
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Syarifuddin, M.Pd. |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:15 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:15 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96953 |
Actions (login required)
View Item |